Theme images by Igniel

Facebook

Report Abuse

Archive

Random Posts

Recent Posts

Baca Selengkapnya

loading...
Featured
Most Popular

 Recent

Loading...

Text Widget

Featured

Labels

Labels

Tags

Follow

Sponsor

ads

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Popular Posts

Unik, Buah Nipah Kaya Manfaat

Buah Nipah Tumbuh Subur di Pinggiran Sungai, foto : iman

Tasikmalaya, sukapurapost - Sangat asing ditelinga ketika mendengar kata nipah apa lagi yang berasal dari daerah perkotaan mungkin sama sekali tidak tahu nipah.

Tanaman ini kalau diliahat mirip seperti pohon palem dan kelapa karena memang nipah ini merupakan  anggota famili Aracaceae (palem) dan diketahui sebagai satu-satunya anggota marga Nypa.  

Kalau dalam bahasa sunda atau jawa nipah biasa disebut buyuk (Sunda, Jawa).

Wajar saja jika banyak orang yang tidak tau karena nipah atau nypa fruticans ini tumbuh disepanjang sungai yang mengalami pasang surut maupun di daerah rawa yang berair payau, dan dikelompokan kedalam tanaman hutan mangrove

Nipah bisa dikatakan sebagai  palem yang tidak berbatang karena batang nipah menjalar di tanah kemudian membentuk rimpang yang terendam dalam lumpur.

Hanya bagian daunnya yang muncul diatas tanah sehingga tanaman ini terlehat seperti tidak berbatang, akarnya serabut yang pannjangnya hingga bisa belasan meter.

Dari rimpangnya tumbuh daun majemuk (seperti pada jenis palem lainnya) besar dan panjang dengan tangkai daun sekitar 1-1,5 m, anak daun berjumlah antara 25-100 dengan ujung lancip.

Daun mudanya berwarna kuning sedangkan yang tua berwarna hijau (Van steenis, 1975). Nipah yang telah berumur 3-5 tahun umumya sudah berproduksi, dalam umur produktif ini, maka nipah banyak sekali manfaatnya.

Seperti dilansir kompasiana.com, buah tanaman nipah  kalau dilihat bentuknya agak aneh bentuknya bulat telur gepeng dengan 2-3 rusuk, berwarna cokloat kemerahan dengan panjang sekitar 13cm dan lebar 11cm, berujung lancip dan dinding buah tengah berserabut.

Buahnya berkelompok membentuk bola berdiameter 30cmm. Dalam satu tandan , bisa terdapat 30-50 butir buah.

Tapi tahukah anda? Nipah merupakan salah satu sumberpangan sekaligus energi, tepung buah nipah mempunyai kandungan gizi yang cukup  baik Salah satunya yaitu mengandung protein nabati yang diperlukan oleh tubuh.

Tepung nipah memiliki 9 jenis asam amino esensial yaitu histidin, arginin,theronin, valin, methionin, isoleusin, leusin, phenil alanin, dan lysin yang tidak bisa di produksi oleh tubuh manusia.

Hasil riset NM Heriyanto, Endro Subiandono dan Endang Karlina yang dimuat dalam Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Volume 8 No. 4 tahun 2011, menunjukkan
kandungan gizi gula nipah cukup baik hal tersebut ditunjukkan oleh kadar karbohidrat (89,61%), protein (5,95%), kadar Ca (44,58 mg/kg), dan kalori sebesar 3.172 cal/gr.

Dibandingkan dengan gula merah yang lain, gula nipah mengandung NaCl (garam dapur) yang menyebabkan rasanya sedikit asin yang secara tidak langsung makanan yang dibuat dengan menambahkan gula ini rasanya menjadi gurih.

Selain menjadi sumber pangan nipah juga memiliki berbagai kegunaan umumnya secara tradisional daun nipah dapat dijadikan sebagai atap rumah, anyaman, tikar,pakan ternak, topi dan, berbagai macam kerajinan, bahkan Pada zaman dulu, daun nipah juga dimanfaatkan sebagai media tulis. Batang, dan tangkai daun nipah dapat digunakan sebagai kayu bakar.

Lidinya dimanfaatkan sebagai sapu lidi, dan berbagai anyaman. Pelepah daun nipah juga mengandung selulosa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pulp (bubur kertas).

Pelepah nipah yang sudah tua juga dapat dijadikan garam, jika dipotong daging pelepahnya berwarna kemerahan (semakin kemerahan kadar garam semakin tinggi).

Lidinya dapat digunakan untuk sapu, bahan anyam-anyaman dan tali. Umbut nipah dan buah yang muda dapat dimakan. Biji buah nipah yang muda, yang disebut tembatuk, mirip dengan kolang-kaling (buah atep).

Sedangkan buah yang sudah tua bisa ditumbuk untuk dijadikan tepung.(Wikipedia Indonesia. 2010). Nipah juga dapat disadap niranya, yaitu cairan manis yang diperoleh dari tandan bunga yang belum mekar. Nira yang sudah dikeringkan dipasarkan sebagai gula nipah (palm sugar).

Dari hasil oksidasi gula nipah dapat dihasilkan cuka. Fermentasi lebih lanjut dari nira nipah akan menghasilkan cuka. Bahkan di Malaysia nira dari nipah sudah dibuat sebagai bahan baku etanol yahng dapat dijadikan sebagai bahan bakar nabati (alternatif).

Etanol yang dihasilkan sekitar 11.000 liter/ha/tahun, yang mana jauh lebih unggul dibandingkan kelapa sawit yang sekitar(5.000liter/ha/tahun.) sehingga tanaman ini juga sudah cukup menjanjikan jika dijadikan tanaman industri agar nipah bisa terus lestari.

Dengan dibuatnya artikel ini dapat diharapkan kesadaranya akan betapa banyak manfaat dari tanaman yang jarang diketahui banyak orang jika saja ribuan hektar arwa maupun daerah pasang surut yang terlantar dapat ditanam dengan pohon nipah maka akan banyak sekali keuntungan yang didapat baik oleh alam maupun kita semua. (Sumber : kompasiana.com)

Related Posts

Post a Comment