Theme images by Igniel

Facebook

Report Abuse

Archive

Random Posts

Recent Posts

Baca Selengkapnya

loading...
Featured
Most Popular

 Recent

Loading...

Text Widget

Featured

Labels

Labels

Tags

Follow

Sponsor

ads

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Popular Posts

Meski Dana Desa Tahap 3 Tak Kunjung Cair, Pembangunan Tetap Dilanjut

Warga Antusias Bangun Jalan di Lingkungannya, foto : muksin/rw


Tasikmalaya, Sejumlah pekerjaan pembangunan infrastruktur desa di wilayah Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terhenti lantaran dana desa tahap 3 tak kunjung cair. Pihak desa berharap dana tersebut segera dicairkan.

Kepala Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, dalam hal ini diwakili Sekdes, Saepurohman, mengatakan, pihaknya telah melengkapi dan mengirimkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahap 1 dan 2 tahun ini.

Seharusnya, sesuai jadwal, dana desa tahap 3 cair pada Minggu Depan, Pertengahan Desember. Namun hingga Sekarang, dana belum juga turun.

Keterlambatan pencairan dana tersebut, menurutnya, akan berdampak pada pelaporan penggunaan dana berikutnya yang harus segera disetor untuk kepentingan pencairan dana desa di tahun depan. Serta program yang harus terburu-buru dijalankan untuk memenuhi laporan agar tepat waktu.

"Kalau mepet cairnya, kita harus kejar-kejaran dengan program dan laporan. Tapi mau bagaimana lagi, semoga akhir Desember ini dana desa tahap 3 sudah cair," ujarnya, Kamis (12/12).

Dana desa tahap 3 ini sedianya akan digunakan untuk pembangunan jalan setapak penghubung antar-RT, melanjutkan pekerjaan tahap 1 dan 2 dan juga pembangunan Gedung Serbaguna di Dusun Mekarsari.

Total, masih ada sekitar 2.030 meter yang harus dibangun jalan setapak serta Gedung Serbaguna dan terpaksa harus berhenti karena dana belum cair.

Tahun 2019, Desa Cikupa menerima dana desa sebesar kurang lebih 1,2 M. Sebanyak 60% telah dicairkan pada tahap 1 dan 2. Sisa 40% baru akan dicairkan pada tahap 3 ini. Sebagian besar dana digunakan untuk pembangunan jalan desa.

Sementara itu, meski dana desa tahap 3 belum cair, melihat dasar aspirasi dan antusias warga yang begitu tinggi, Pemdes berusaha merealisasikan pembangunan tersebut dengan menyediakan bahan material bagaimanapun caranya.

Warga gotong royong memindahkan bahan material tersebut ke lokasi pembangunan yang cukup jauh dari jalan. Pembangunan tersebut, yaitu jalan setapak gang peuneuy, dengan panjang 470 meter.

“Dalam waktu dekat pembangunan akan segera dimulai, tanpa menunggu DD tahap 3 cair,” ungkap salahseorang warga. (Iman/PanduDesa).
Newest Older

Related Posts

Post a Comment