Theme images by Igniel

Facebook

Report Abuse

Archive

Random Posts

Recent Posts

Baca Selengkapnya

loading...
Featured
Most Popular

 Recent

Loading...

Text Widget

Featured

Labels

Labels

Tags

Follow

Sponsor

ads

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Popular Posts

Uban Tumbuh di Rambut, Berikut Ini Pemicunya!

ilustrasi gambar, pixabay


Tasikmalaya, sukapurapost - Beberapa orang merasa minder apabila ada uban di rambutnya. Banyak cara yang dilakukan untuk dapat membuat rambut menjadi hitam kembali. Salah satu cara membuat rambut menjadi hitam adalah dengan membeli obat penghitam rambut.

Pemicu tumbuhnya uban pada seseorang bisa disebabkan karena faktor umur. Namun juga bisa disebabkan karena stres yang berkepanjangan.

Orang yang mengalami stres dan depresi cenderung akan memiliki banyak beban pikiran. Beban pikiran tersebut akan membuat rambut berubah menjadi putih. Namun rambut yang beruban juga bisa disebabkan oleh faktor obat-obatan.

Hal ini banyak dilakukan oleh banyak orang karena rambut dianggap sebagai mahkota, jadi sangat penting.

Berikut ini adalah penjelasan secara detail pemicu tumbuhnya uban pada rambut

Keturunan

Menurut profesor klinis dermatologi di Pusat Medis Langone University berkata bahwa uban bisa berasal dari genetik.

Sebuah studi yang diterbitkan di Nature Communications menemukan satu varian gen terkait dengan uban. Temuan ini terungkap setelah para peneliti menganalisis rambut sebanyak 6.000 orang Amerika Latin.

Menurut Day, gen tersebut diturunkan dari orangtua. Hal tersebut persis seperti kebotakan yang sering terjadi karena gen yang diturunkan orangtua.

Memiliki Kondisi Autoimun

Penyakit kulit autoimun yang disebut dengan alopecia areata dapat menyebabkan rambut seperti beruban.

Sebagaimana telah dijelaskan oleh National Alopecia Areata Foundation atau NAAF, orang dengan kondisi ini mengembangkan bercak kecil, bulat dan halus di kulit kepala. Dan mereka dapat sepenuhnya kehilangan rambut di kepala atau tubuh mereka.

“Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, membuat rambut Anda menjadi rontok. Ketika tumbuh kembali, yang tumbuh maka akan berwarna putih” Jelas Day.

Lingkungan Tercemar

Polutan dan racun juga disebut dapat menyebabkan rambut Anda lebih cepat beruban. Menurut studi, beberapa bahan kimia yang digunakan dapat menghasilkan radikal bebas.
Atau juga menghasilkan stres oksidatif yang dapat merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan pada rambut.

Stres

Ketika pertama kali Presiden Obama menjabat menjadi Presiden AS, rambutnya berwarna gelap.
Lima tahun kemudian, setelah menjabat menjadi presiden, orang-orang mulai khawatir bahwa presiden stres. Hal ini disebabkan karena rambut Obama benar-benar menjadi abu-abu atau keputih-putihan.

Memang hubungan keduanya kini masih sering diperdebatkan. Namun stres akan mempercepat takdir genetik.

Artinya, jika gen beruban yang dimiliki stres dapat membuat rambut Anda menjadi lebih cepat beruban kecuali jika ada upaya untuk dapat mengelola stres.

Untuk dapat mengurangi rambut yang beruban, Anda harus selalu sukacita setiap hari. Karena pemicu tumbuhnya uban paling besar adalah stres. Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan rambut cepat memutih. Sumber : www.harapanrakyat.com (Tim)

Related Posts

Post a Comment